Penelitian Tentang Kajian Semiotika pada logo RANS Nusantara FC

 


ABSTRAK

Sepak bola merupakan olahraga yang populer di dunia yang umumnya menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit. Saat ini, sepak bola tidak hanya menjadi olahraga rekreasi saja tetapi sudah menjadi olahraga prestasi. Kebanyakan masyarakat mengetahui tentang sepak bola tanpa tahu bagaimana sejarah dan perkembangannya. Salah satu cara untuk memberikan apresiasi kepada prestasi yang telah dicapai oleh pemain sepak bola yaitu membuat sebuah galeri khusus mengenai sepak bola. Pemberian apresiasi seperti ini akan mempermudah proses regenerasi yang bertujuan untuk mempertahankan maupun meningkatkan prestasi yang telah dicapai dan juga cara ini dapat memberikan pengetahuan agar meningkatkan rasa cinta terhadap sepak bola.

1. Apa itu RANS Nusantara FC?

RANS Nusantara Football Club (sebelumnya dikenal sebagai Cilegon United dan RANS Cilegon FC) atau juga dikenal dengan nama RANS FC adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Jakarta Utara, Jakarta Raya. Julukan RANS Nusantara FC adalah Magenta Force dan The Prestige Phoenix. RANS FC meraih juara 2 pada kompetisi Liga 2 musim 2021 dan promosi ke Liga 1.[2] Klub tersebut saat ini bermain di Liga 1 Indonesia.
RANS FC baru berdiri pada tahun 2012 dan tidak memiliki banyak sejarah dalam persepakbolaan Indonesia. Sebelumnya RANS FC bernama Cilegon United. Pada tanggal 31 Maret 2021, diumumkan untuk diakuisisi oleh RANS Entertainment dan Prestige Motorcars dan berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.

2. Siapa itu Raffi Ahmad?


Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Farid Ahmad (lahir 17 Februari 1987) merupakan pemeran, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, YouTuber, produser, dan selebritis berkebangsaan Indonesia. Raffi merupakan anak sulung dari Munawar Ahmad dengan Amy Qanita. Ia merupakan pemilik klub sepak bola RANS Nusantara FC yang saat ini berlaga di Liga 1 Indonesia.

Raffi Ahmad termasuk ke dalam jajaran artis terkaya di Indonesia pada tahun 2019. Bahkan, suami dari Nagita Slavina ini dijuluki sebagai "Sultan Andara" oleh para warganet Indonesia. Raffi bersama Nagita juga mengelola saluran Youtube-nya, RANS Entertainment dengan jumlah pengikut yang mencapai 16,9 Juta pada bulan Agustus 2020. Kanal RANS Entertainment tersebut meraih rekor atas pencapaian "Siaran Langsung Acara Keluarga dengan Penonton Terbanyak dan Siaran Langsung Acara Keluarga melalui YouTube dan Facebook Terlama" dari Museum Rekor Indonesia.

3. Apa itu Logo?

Logo  adalah  elemen  grafis  yang  berbentuk  ideogram,  simbol,  emblem,  ikon,  tanda  yang  digunakan sebagai lambang sebuah brand. Logo adalah atribut utama brand yang terlihat secara fisik. Namun  logo  yang  baik  juga  harus  dapat  menampilkan  semua  atribut  nonfisik  yang  merupakan  jiwa  dari brand (visi misi, nilai, budaya). Logo dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. 

Mengingat  betapa  berharganya  brand  bagi  sebuah  bisnis,  dan  mengingat  pentingnya  logo  dalam membangun brand, sudah seharusnya logo didesain secara terencana matang. Namun sayangnya di Indonesia tampaknya kesadaran itu belum terbangun. Banyak logo yang dibuat dengan prinsip ”asal jadi”,  dan  bahkan  menyadur  visual  dari  stock  imagery.  Logo  tidak  direncanakan  sedemikian  rupa  sehingga  dapat  mencerminkan  jiwa  perusahaan  yang  bersangkutan.  Hal  ini  tercermin  dari  banyak  kontes logo yang pada umumnya logo dibuat secara instan, banyak logo yang diperjualbelikan dengan harga di bawah standar, dan bahkan ada layanan yang menyediakan template pembuatan logo.

contoh logogram

Logogram,  adalah  gambar  yang  mewakili  sebuah  makna.  Atau  secara  lebih  mudah  dapat  dikatakan logogram  adalah  logo  yang  dituangkan  dalam  bentuk  gambar.  Logogram  yang  baik  dapat  menjadi  elemen  visual  yang  kuat  mudah  diingat  oleh  masyarakat. Siapa yang tidak mengenal logogram yang mewakili brand Apple di atas ini?

contoh logotype

Logotype secara  sederhana,  logotype  dapat  didefinisikan  sebagai  logo  yang  merupakan  hasil  dari  pengolahan  font.  Walau  hanya  memanfaatkan  font,  bukan  berarti  logo  tidak  memiliki  keunikan.  Pada  umumnya  pengunaan  font  jenis  script  menunjukkan  formalitas,  keindahan,  bahkan  terkadang  keramahan. Font  yang  tebal  menunjukkan  kekuatan.  Font  yang  italic  menunjukkan  pergerakan.  Tiap  font  memiliki  karakteristik  yang  dapat  menyimbolkan  karakter  entitas  yang  diwakilinya.

Brand  adalah  aset  tak  berwujud  yang  paling  bernilai  dari  sebuah  entitas.  Oleh  karena  itu,  branding harus digarap dengan serius, termasuk desain logo sebagai pintu masuk yang mencerminkan brand. Logo harus mencerminkan jiwa/kepribadian brand yang diwakilinya. Logo juga harus memiliki keunikan  yang  dapat  membedakan  suatu  entitas  dengan  entitas  lainnya.  Maraknya  praktik  layanan  logo cepat saji dan murah tidak bisa dianggap enteng. Praktik tersebut menghasilkan logo instan yang generik.  Hal  ini  akan  menjadi  lingkaran  setan  yang  makin  lama  makin  menjatuhkan  nilai  logo,  dan  menghancurkan  brand.  Untuk  memperbaiki  kondisi  tersebut,  diperlukan  kerja  sama  antara  pemilik  brand  dan  desainer.  Kesadaran  dari  kedua  belah  pihak  tersebut  harus  digugah  demi  kepentingan  bersama.

4. Apa itu Pendekatan Semiotika?


contoh gambar semiotika

Ferdinand de Saussure mendefinisikan semiotika sebagai ilmu yang mengkaji tentang tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Dasar pemikiran de Saussure tentang semiotika adalah tanda merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dua bidang/ entitas, yaitu penanda/ signifiant dan petanda/ signified. Penanda merupakan wahana tanda atau “sesuatu” untuk menjelaskan bentuk sedangkan petanda untuk menjelaskan sesuatu yang diutarakan atau sesuatu yang diwakilkan atau konsep. Oleh karena itu, suatu obyek yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu atau pesan, selalu mempunyai peran ganda yaitu sebagai “yang menandakan sesuatu” dan sekaligus sebagai “yang ditandakan”. 

Hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis menggunakan metode semiotika adalah jenis tanda, jenis sistem tanda, jenis teks dan jenis konteks. Jenis tanda adalah sesuatu yang berbentuk, misalnya ikon atau lambang. Jenis sistem tanda adalah bentuk dari jenis tanda tersebut, dapat berupa bahasa, kontur atau warna. Jenis teks adalah tulisan yang menjadi suatu simbol atau biasa menjadi tagline/ semboyan sedangkan jenis konteks adalah situasi yang mempengaruhi makna tanda, seperti kondisi sosial, kultural, historis dan psikologis. 

5. Pentingnya Logo RANS Nusantara FC dikaji dengan Semiotika?

    


Logo merupakan suatu hal yang tidak terlepas dari produk, jasa, lembaga, maupun organisasi. Karena dari logo-lah produk, jasa, lembaga, dan organisasi dikenal oleh banyak masyarakat. Logo merupakan lambang-lambang yang menjadi ciri khas suatu produk untuk menandakan identitas dari produk itu sendiri. Peran logo menjadi amat penting seiring dengan berkembangnya dunia periklanan saat ini, terutama dalam identitas pembuatan strategi branding sebuah produk. Fungsi identitas merupakan ukuran sebuah logotype, dengan hanya melihat logo seseorang akan ingat, tertarik, lalu membeli. Biasanya, logo dirancang sesuai dengan filosofi yang dikehendaki oleh client. Selain itu, logo juga harus menggambarkan citra dan jenis usaha sesuai dengan tujuan client tersebut.

Teori semiotika dalam sebuah desain Logo ini bisa menjadi analisis terhadap objek yang terdapat pada brand tersebut, pendekatan semiotika ini adalah sebuah metode analisis untuk mengupas makna desain pada logo brand RANS Nusantara FC.

Penelitian ini penting karena menurut kami selain berkecimpung didunia entertainment. RANS Entertainment juga sudah mulai merambah ke dunia olahraga. Sebelumnya sudah kita ketahui Raffi Ahmad berhasil mengakuisisi klub asal Cilegon, yaitu Cilegon FC. Saat ini berganti nama menjadi Rans Nusantara FC. Penggunaan Icon Pheonix serta visual key yang seirama membuat kita tertarik untuk meneliti Logo ini.


gambar segitiga semiotika

Teori ini menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure, yang menekankan pada tingkatan penandaan yakni tingkat penandaan denotasi dan tingkat penandaan konotasi serta mitos yang dapat menggunakan dan mempermudah pengungkapan berbagai makna yang bertingkat-tingkat. Dalam logo sangat memungkinkan memiliki makna yang berbeda tergantung dengan model pendekatan apa dalam hal mengkajinya. Saya dalam hal ini hanya akan menekankan pada aspek tingkat penandaan denotasi dan juga tingkat penandaan konotasi. 


RUMUSAN MASALAH


1. Apa ciri khas visual key yang ditampilkan pada logo RANS Nusantara FC? 


Bentuk logo dari RANS Nusantara FC ini merupakan desain modern. Dapat dikatakan modern karena bentuknya yang simple dan terkesan style nya yang elegan. Logo type RANS terlihat dengan jelas yang merupakan sekaligus logo dari RANS Entertainment. 

Visual Key yang unik juga dengan pemilihan icon burung phoenix, Phoenix melambangkan simbol pembaruan dan kebangkitan, dan mewakili banyak tema, seperti “matahari, waktu, kekaisaran, metempsikosis, konsekrasi, kebangkitan, kehidupan di surga, hingga manusia luar biasa.

Pemilihan warna ungu dan biru memang sudah menjadi ciri khas tersendiri dari RANS Entertainment. Menurut psikologis warna biru dapat melambangkan kesetiaan dan kejujuran. Maka dari itu, biru dapat menjadi pilihan warna yang aman untuk meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap Anda, meyakinkan bahwa Anda dapat diandalkan, profesional, tenang, dan terkendali. Biru juga memberi efek yang menenangkan untuk tubuh. Warna ungu secara umum diartikan sebagai warna yang unik. Warna satu ini mempunyai makna yang berkaitan dengan hal-hal megah seperti kekuatan spiritual simbol kerajaan, aspirasi tinggi, simbol kebangsaan, simbol misteri dan simbol keajaiban. Ungu pun merupakan perlambang sesuatu yang agung.

Namanya kan, Rans Nusantara. Artinya kami ingin menggaet para suporter dari Indonesia, baik itu fans Raffi Ahmad, pencinta sepak bola Cilegon dan Indonesia. Jadi visinya ke sana," kata Darius usai Kongres Biasa PSSI di Bandung, Senin (30/1).


2. Apa relevansi antara icon Pheonix terhadap sebuah harapan yang baru? 


ilustasi gambar burung phoenix

Burung Phoenix dalam mitologi kuno merupakan simbol dari Matahari. Matahari terbit, 'mati' dan terlahir kembali, begitu pun dengan Phoenix.

Sebuah legenda kuno mengisahkan sebuah burung ajaib yang bercahaya merah keemasan yang hidup selama beberapa ratus tahun sebelum mati terbakar. Kemudian burung tersebut terlahir kembali dari abu, untuk memulai kehidupan baru yang panjang. Simbolisme yang kuat tersebut merupakan motif dan gambar yang masih digunakan secara umum hingga sekarang dalam budaya dan cerita rakyat populer.

Burung legendaris Phoenix memiliki ukuran yang besar. Berwarna kuning, merah, ungu hingga merah keemasan, karena dikatikan dengan matahari terbit dan api. Terkadang, nimbus akan mengelilinginya. Matanya biru dan bersinar megah.Phoenix dikisahkan membangun tumpukan kayu sebagai sarangnya sendiri, dan menyalakannya dengan satu tepukan sayapnya. Setelah kematiannya, ia bangkit dengan indah dari abu lalu terbang menjauh.



Relevansi diantara icon Phoenix pada Logo RANS Nusantara FC dengan harapan yang baru adalah “Burung Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1000 tahun lebih. Setelah hidup selama itu, burung Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, muncul lah burung Phoenix muda”

Dan diharapkan dengan motivasi untuk kedepannya harapan baru "Semangat Tanpa Batas untuk para Senior/Junior dan Generasi muda selanjutnya untuk bangkitkan Sepak Bola dan Indonesia tercinta”


3. Apa saja tanda-tanda semiotika yang ada dalam branding RANS Nusantara FC?

a. Channel RANS Nusantara FC

- Signifier (Penanda) 
   Channel ini mempunyai banner ciri khas warna ungu yang didalamnya lengkap dengan semua komponen yang berada dalam organisasi klub RANS Nusantara FC.

- Signified (Petanda)
  Petanda bahwa Channel ini mempunyai branding awal yang menarik dengan adanya logo dan jajaran manajemen, mulai dari pemiliknya, pelatih, dan beberapa pemain.

b. Thumbnail Channel RANS Nusantara FC


- Signifier (Penanda) 
   Channel thumbnail ini mempunyai ciri khas dari template format disetiap thumbnailnya, dengan visual yang mengelilingi dan judul menggunakan huruf kapital membuat seseorang lebih tertarik untuk menonton nya.

- Signified (Petanda)
  Petanda bahwa thumbnail channel ini konsisten dengan visual yang digunakannya.


c. Subkonten channel RANS Nusantara FC


- Signifier (Penanda) 

   Channel thumbnail ini mempunyai ciri khas subkonten nya yaitu KENALRANS.

- Signified (Petanda)
  Petanda bahwa thumbnail channel ini ingin penonton kenal lebih dekat dengan para pemain yang berseragam RANS Nusantara FC.


Daftar Pustaka

Pratama, D. (2010). LOGO BUKAN UNTUK KONTES KECANTIKAN: Kajian Semiotika pada Logo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. 2(1), 58-69.

Israjab, M. (2022). RANS Cilegon FC Masuk Liga 1 Bakal Launching Logo Baru dan Ganti Nama Klub.

Ramadhan, M. S. (2021). Penuh makna filosofi RANS Nusantara FC.

Sultannata, C,. & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footwear di Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153-174.

John., Asril., Waspada, A. E. B. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA LOGO RUMAH MAKAN PATINKU. Jurnal Proporsi, 3(1), 34-43.

Katyusha, W. (2021). Psikologi Warna, Mempelajari Pengaruh Warna Terhadap Emosi Manusia. Kesehatan Mental



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Interdisiplin Dalam Penelitian Pendidikan Seni Rupa

SEMIOTIKA : Penanda dan Petanda

Objek Kajian Semiotika (LUKISAN KARYA S. SUDJOJONO)