Penelitian Tentang Kajian Semiotika pada logo RANS Nusantara FC
ABSTRAK
1. Apa itu RANS Nusantara FC?
RANS Nusantara Football Club (sebelumnya dikenal sebagai Cilegon United dan RANS Cilegon FC) atau juga dikenal dengan nama RANS FC adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Jakarta Utara, Jakarta Raya. Julukan RANS Nusantara FC adalah Magenta Force dan The Prestige Phoenix. RANS FC meraih juara 2 pada kompetisi Liga 2 musim 2021 dan promosi ke Liga 1.[2] Klub tersebut saat ini bermain di Liga 1 Indonesia.
RANS FC baru berdiri pada tahun 2012 dan tidak memiliki banyak sejarah dalam persepakbolaan Indonesia. Sebelumnya RANS FC bernama Cilegon United. Pada tanggal 31 Maret 2021, diumumkan untuk diakuisisi oleh RANS Entertainment dan Prestige Motorcars dan berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.
2. Siapa itu Raffi Ahmad?
Raffi Farid Ahmad (lahir 17 Februari 1987) merupakan pemeran, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, YouTuber, produser, dan selebritis berkebangsaan Indonesia. Raffi merupakan anak sulung dari Munawar Ahmad dengan Amy Qanita. Ia merupakan pemilik klub sepak bola RANS Nusantara FC yang saat ini berlaga di Liga 1 Indonesia.
Raffi Ahmad termasuk ke dalam jajaran artis terkaya di Indonesia pada tahun 2019. Bahkan, suami dari Nagita Slavina ini dijuluki sebagai "Sultan Andara" oleh para warganet Indonesia. Raffi bersama Nagita juga mengelola saluran Youtube-nya, RANS Entertainment dengan jumlah pengikut yang mencapai 16,9 Juta pada bulan Agustus 2020. Kanal RANS Entertainment tersebut meraih rekor atas pencapaian "Siaran Langsung Acara Keluarga dengan Penonton Terbanyak dan Siaran Langsung Acara Keluarga melalui YouTube dan Facebook Terlama" dari Museum Rekor Indonesia.
3. Apa itu Logo?
Logo adalah elemen grafis yang berbentuk ideogram, simbol, emblem, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambang sebuah brand. Logo adalah atribut utama brand yang terlihat secara fisik. Namun logo yang baik juga harus dapat menampilkan semua atribut nonfisik yang merupakan jiwa dari brand (visi misi, nilai, budaya). Logo dapat dibedakan menjadi beberapa tipe.
Mengingat betapa berharganya brand bagi sebuah bisnis, dan mengingat pentingnya logo dalam membangun brand, sudah seharusnya logo didesain secara terencana matang. Namun sayangnya di Indonesia tampaknya kesadaran itu belum terbangun. Banyak logo yang dibuat dengan prinsip ”asal jadi”, dan bahkan menyadur visual dari stock imagery. Logo tidak direncanakan sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan jiwa perusahaan yang bersangkutan. Hal ini tercermin dari banyak kontes logo yang pada umumnya logo dibuat secara instan, banyak logo yang diperjualbelikan dengan harga di bawah standar, dan bahkan ada layanan yang menyediakan template pembuatan logo.
Logogram, adalah gambar yang mewakili sebuah makna. Atau secara lebih mudah dapat dikatakan logogram adalah logo yang dituangkan dalam bentuk gambar. Logogram yang baik dapat menjadi elemen visual yang kuat mudah diingat oleh masyarakat. Siapa yang tidak mengenal logogram yang mewakili brand Apple di atas ini?
Logotype secara sederhana, logotype dapat didefinisikan sebagai logo yang merupakan hasil dari pengolahan font. Walau hanya memanfaatkan font, bukan berarti logo tidak memiliki keunikan. Pada umumnya pengunaan font jenis script menunjukkan formalitas, keindahan, bahkan terkadang keramahan. Font yang tebal menunjukkan kekuatan. Font yang italic menunjukkan pergerakan. Tiap font memiliki karakteristik yang dapat menyimbolkan karakter entitas yang diwakilinya.
Brand adalah aset tak berwujud yang paling bernilai dari sebuah entitas. Oleh karena itu, branding harus digarap dengan serius, termasuk desain logo sebagai pintu masuk yang mencerminkan brand. Logo harus mencerminkan jiwa/kepribadian brand yang diwakilinya. Logo juga harus memiliki keunikan yang dapat membedakan suatu entitas dengan entitas lainnya. Maraknya praktik layanan logo cepat saji dan murah tidak bisa dianggap enteng. Praktik tersebut menghasilkan logo instan yang generik. Hal ini akan menjadi lingkaran setan yang makin lama makin menjatuhkan nilai logo, dan menghancurkan brand. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, diperlukan kerja sama antara pemilik brand dan desainer. Kesadaran dari kedua belah pihak tersebut harus digugah demi kepentingan bersama.
4. Apa itu Pendekatan Semiotika?
Ferdinand de Saussure mendefinisikan semiotika sebagai ilmu yang mengkaji tentang tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Dasar pemikiran de Saussure tentang semiotika adalah tanda merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dua bidang/ entitas, yaitu penanda/ signifiant dan petanda/ signified. Penanda merupakan wahana tanda atau “sesuatu” untuk menjelaskan bentuk sedangkan petanda untuk menjelaskan sesuatu yang diutarakan atau sesuatu yang diwakilkan atau konsep. Oleh karena itu, suatu obyek yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu atau pesan, selalu mempunyai peran ganda yaitu sebagai “yang menandakan sesuatu” dan sekaligus sebagai “yang ditandakan”.
Hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis menggunakan metode semiotika adalah jenis tanda, jenis sistem tanda, jenis teks dan jenis konteks. Jenis tanda adalah sesuatu yang berbentuk, misalnya ikon atau lambang. Jenis sistem tanda adalah bentuk dari jenis tanda tersebut, dapat berupa bahasa, kontur atau warna. Jenis teks adalah tulisan yang menjadi suatu simbol atau biasa menjadi tagline/ semboyan sedangkan jenis konteks adalah situasi yang mempengaruhi makna tanda, seperti kondisi sosial, kultural, historis dan psikologis.
5. Pentingnya Logo RANS Nusantara FC dikaji dengan Semiotika?
Logo merupakan suatu hal yang tidak terlepas dari produk, jasa, lembaga, maupun organisasi. Karena dari logo-lah produk, jasa, lembaga, dan organisasi dikenal oleh banyak masyarakat. Logo merupakan lambang-lambang yang menjadi ciri khas suatu produk untuk menandakan identitas dari produk itu sendiri. Peran logo menjadi amat penting seiring dengan berkembangnya dunia periklanan saat ini, terutama dalam identitas pembuatan strategi branding sebuah produk. Fungsi identitas merupakan ukuran sebuah logotype, dengan hanya melihat logo seseorang akan ingat, tertarik, lalu membeli. Biasanya, logo dirancang sesuai dengan filosofi yang dikehendaki oleh client. Selain itu, logo juga harus menggambarkan citra dan jenis usaha sesuai dengan tujuan client tersebut.
Teori semiotika dalam sebuah desain Logo ini bisa menjadi analisis terhadap objek yang terdapat pada brand tersebut, pendekatan semiotika ini adalah sebuah metode analisis untuk mengupas makna desain pada logo brand RANS Nusantara FC.
Penelitian ini penting karena menurut kami selain berkecimpung didunia entertainment. RANS Entertainment juga sudah mulai merambah ke dunia olahraga. Sebelumnya sudah kita ketahui Raffi Ahmad berhasil mengakuisisi klub asal Cilegon, yaitu Cilegon FC. Saat ini berganti nama menjadi Rans Nusantara FC. Penggunaan Icon Pheonix serta visual key yang seirama membuat kita tertarik untuk meneliti Logo ini.
Teori ini menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure, yang menekankan pada tingkatan penandaan yakni tingkat penandaan denotasi dan tingkat penandaan konotasi serta mitos yang dapat menggunakan dan mempermudah pengungkapan berbagai makna yang bertingkat-tingkat. Dalam logo sangat memungkinkan memiliki makna yang berbeda tergantung dengan model pendekatan apa dalam hal mengkajinya. Saya dalam hal ini hanya akan menekankan pada aspek tingkat penandaan denotasi dan juga tingkat penandaan konotasi.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa ciri khas visual key yang ditampilkan pada logo RANS Nusantara FC?
Bentuk logo dari RANS Nusantara FC ini merupakan desain modern. Dapat dikatakan modern karena bentuknya yang simple dan terkesan style nya yang elegan. Logo type RANS terlihat dengan jelas yang merupakan sekaligus logo dari RANS Entertainment.
Visual Key yang unik juga dengan pemilihan icon burung phoenix, Phoenix melambangkan simbol pembaruan dan kebangkitan, dan mewakili banyak tema, seperti “matahari, waktu, kekaisaran, metempsikosis, konsekrasi, kebangkitan, kehidupan di surga, hingga manusia luar biasa.
Pemilihan warna ungu dan biru memang sudah menjadi ciri khas tersendiri dari RANS Entertainment. Menurut psikologis warna biru dapat melambangkan kesetiaan dan kejujuran. Maka dari itu, biru dapat menjadi pilihan warna yang aman untuk meningkatkan kepercayaan seseorang terhadap Anda, meyakinkan bahwa Anda dapat diandalkan, profesional, tenang, dan terkendali. Biru juga memberi efek yang menenangkan untuk tubuh. Warna ungu secara umum diartikan sebagai warna yang unik. Warna satu ini mempunyai makna yang berkaitan dengan hal-hal megah seperti kekuatan spiritual simbol kerajaan, aspirasi tinggi, simbol kebangsaan, simbol misteri dan simbol keajaiban. Ungu pun merupakan perlambang sesuatu yang agung.
Namanya kan, Rans Nusantara. Artinya kami ingin menggaet para suporter dari Indonesia, baik itu fans Raffi Ahmad, pencinta sepak bola Cilegon dan Indonesia. Jadi visinya ke sana," kata Darius usai Kongres Biasa PSSI di Bandung, Senin (30/1).
2. Apa relevansi antara icon Pheonix terhadap sebuah harapan yang baru?
Burung Phoenix dalam mitologi kuno merupakan simbol dari Matahari. Matahari terbit, 'mati' dan terlahir kembali, begitu pun dengan Phoenix.
Sebuah legenda kuno mengisahkan sebuah burung ajaib yang bercahaya merah keemasan yang hidup selama beberapa ratus tahun sebelum mati terbakar. Kemudian burung tersebut terlahir kembali dari abu, untuk memulai kehidupan baru yang panjang. Simbolisme yang kuat tersebut merupakan motif dan gambar yang masih digunakan secara umum hingga sekarang dalam budaya dan cerita rakyat populer.
Burung legendaris Phoenix memiliki ukuran yang besar. Berwarna kuning, merah, ungu hingga merah keemasan, karena dikatikan dengan matahari terbit dan api. Terkadang, nimbus akan mengelilinginya. Matanya biru dan bersinar megah.Phoenix dikisahkan membangun tumpukan kayu sebagai sarangnya sendiri, dan menyalakannya dengan satu tepukan sayapnya. Setelah kematiannya, ia bangkit dengan indah dari abu lalu terbang menjauh.
Relevansi diantara icon Phoenix pada Logo RANS Nusantara FC dengan harapan yang baru adalah “Burung Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1000 tahun lebih. Setelah hidup selama itu, burung Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, muncul lah burung Phoenix muda”
Dan diharapkan dengan motivasi untuk kedepannya harapan baru "Semangat Tanpa Batas untuk para Senior/Junior dan Generasi muda selanjutnya untuk bangkitkan Sepak Bola dan Indonesia tercinta”
3. Apa saja tanda-tanda semiotika yang ada dalam branding RANS Nusantara FC?
c. Subkonten channel RANS Nusantara FC
Daftar Pustaka
Pratama, D. (2010). LOGO BUKAN UNTUK KONTES KECANTIKAN: Kajian Semiotika pada Logo PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. 2(1), 58-69.
Israjab, M. (2022). RANS Cilegon FC Masuk Liga 1 Bakal Launching Logo Baru dan Ganti Nama Klub.
Ramadhan, M. S. (2021). Penuh makna filosofi RANS Nusantara FC.
Sultannata, C,. & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footwear di Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153-174.
John., Asril., Waspada, A. E. B. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA LOGO RUMAH MAKAN PATINKU. Jurnal Proporsi, 3(1), 34-43.
Katyusha, W. (2021). Psikologi Warna, Mempelajari Pengaruh Warna Terhadap Emosi Manusia. Kesehatan Mental
Komentar
Posting Komentar